Kokoh pendirian menyebabkan tumbuh berkembang



الثبات نبات
Ats Tsabaat nabaat
Kokoh pendirian menyebabkan tumbuh berkembang

Hal diatas adalah nasehat yang sering diulang oleh Syaikh Abdul Bary Fathullah Al Hindi hafizhahullah dalam kajian kajian beliau hafizhahullah di Abu Dhabi dahulu (yang ana hadiri 2006-2008)

Kokoh pendirian dan tetap dalam semangat yang sama dari awal menuntut ilmu akan memberikan hasil berupa tumbuh berkembang nya ilmu dan pemahaman. 
Artinya sekiranya sedang belajar satu kitab dengan syaikh/ustadz/guru  maka selesaikan lah jangan pindah pindah kitab dan guru.

Ataupun semangat dalam menghadiri kajian ilmu syar'i itu harus dijaga dan istiqamah maka inSya Allah suatu saat kelak ilmu itu akan berkembang dan memberikan pemahaman yang berkesinambungan lagi luas.

Kalau cuma hadir sekali kajian terus besuk pindah lagi ke kajian yang lain terus pekan depan keliling lagi ke kajian yang lain pula maka cara belajar seperti ini tidak akan menyebabkan tumbuh berkembang nya ilmu.

Itulah yang dijelaskan oleh Syaikh Sholih Al Masy'ari hafizhahullah ketika mengawali kajian Shohih Muslim di Dubai tahun 2016 awal.

Ustadz Zaki Abu Kayyisa Hafidzahullah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel