KEKOSONGAN

 


KEKOSONGAN

Banyak masjid kosong karena orang-orang yang tinggal di sekelilingnya tidak tau kewajiban shalat berjamaah di masjid. Mereka taunya hanya wajib shalat lima waktu. Padahal mereka sudah diberi rizki yang tidak setiap orang mendapatkannya: bertetangga dengan salah satu rumah Allah.

Banyak masjid kosong, karena orang-orang sehat di sekelilingnya malas hadir shalat berjamaah di masjid. Mereka shalat seadanya, cepat-cepat ingin selesai untuk mengerjakan aktifitasnya lagi. Kebanyakan yang hadir shalat berjamaah lima waktu di masjid adalah orang-orang tua yang sudah payah. Berjalan menuju masjid dengan tongkatnya, dengan menyeret kakinya, dengan tripot atau fourpot (lupa namanya, itu lho yang buat jalan-jalan orang paska stroke waktu latihan jalan). Ada juga yang pincang karena cacat kakinya. Yang lumpuh juga didorong kursi rodanya oleh kerabatnya. Itu bukan cuma shalat maghrib atau ashar saja. Tapi subuh ketika masih gelap, dhuhur ketika terik panas, ashar ketika nyantai-nyantainya, maghrib ketika banyak hal nanggung di waktu itu, dan isya ketika sudah gelap dan berkumpul semua rasa capek.. Berangkat lima waktu.

Lantas kemana anak-anak muda yang aktif dan sehat badannya itu ketika didirikan shalat. Sedang apa mereka yang sudah Allah karuniakan kepada mereka keluarga yang sehat, rumah yang bagus, rizki yang berkecukupan, kendaraan yang keren dan menjadi kebanggaannya, yang punya harta berlebih sehingga bisa memilih merk rokok kesukaanya, bisa pamer traveling dan mencicipi makanan enak di mana-mana, bisa selfi di tempat-tempat populer pilihan.. Di mana mereka, sedang apa?

Wahai orang-orang yang penuh kenikmatan, penuhilah rumah-rumah Tuhanmu bertamulah ke sana 5 kali setiap hari sampai mati.

Wahai istri orang-orang yang penuh kenikmatan, rayulah suamimu untuk menjadi orang mulia dengan menjadi tamu Tuhan kalian 5 waktu dengan menghadiri shalat berjamaah di masjid.

Wahai orang tua yang dipenuhi dengan kenikmatan, perintahkan anak-anakmu shalat berjamaah di masjid lima waktu. Katakan kepada mereka bahwa shalat lima waktu berjamaah di masjid itu : WAJIB.

Jadilah muslim yang baik sampai mati. Shalatlah berjamaah di masjid sampai mati. Jadilah shalih sampai mati.. Sebelum Allah membikinmu susah payah dalam keadaan engkau sehat dan masih muda.

Nas alullaha attaufiq..

Magelang semilyar kenangan, 12 Nopember 2018

Abu Ubaidillah Salman Hafidzahulloh

Diberdayakan oleh Blogger.